RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMA Negeri 1 Gombong
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas/Semester :
XII/Satu
Materi pokok :
Kelimpahan
Unsur di Alam
Alokasi Waktu :
1 x 2 JP
A. Kompetensi Inti
KI 1 :Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,
kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.6 Menganalisis kelimpahan,
kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia, manfaat, dampak, proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas
mulia, halogen, alkali dan alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan
transisi (periode 4) dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
1.
Menyebutkan komposisi
kelimpahan unsur dalam kulit bumi
2.
Menyebutkan berbagai
mineral yang terdapat di Indonesia
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menyebutkan
komposisi dari unsur oksigen, aluminium, hidrogen, dan besi dari beberapa
kelimpahan unsur-unsur yang ada di kerak bumi.
2.
Siswa dapat menyebutkan
komposisi nitrogen, oksigen, karbon dioksida dan helium yang terdapat dalam
udara bersih dan kering
3.
Siswa dapat menyebutkan
kandungan mineral natrium dan klorida yang terdapat dalam air laut.
4.
Siswa dapat menyebutkan
contoh mineral dari tembaga dan aluminium dan mengetahui dimana mineral itu
dapat ditemukan di Indonesia.
D. Materi Pembelajaran
o Fakta
·
Unsur
·
Konsentrasi
·
Senyawa
o Konsep
·
Kelimpahan
·
Mineral
o Prinsip
·
Manfaat
unsur-unsur yang melimpah di kulit bumi
Kelimpahan unsur di kulit
bumi sangat beragam. Yang dimaksud dengan kulit bumi adalah bagian yang padat
dari permukaan bumi hingga ketebalan sekitar 10 km. Di bawah ini tabel
kelimpahan unsur-unsur dalam kulit bumi.
Unsur
|
% massa
|
Unsur
|
% massa
|
Oksigen
|
49,20
|
Klorin
|
0,19
|
Silikon
|
25,67
|
Fosforus
|
0,11
|
Aluminium
|
7,50
|
Mangan
|
0,09
|
Besi
|
4,71
|
Karbon
|
0,08
|
Kalsium
|
3,39
|
Belerang
|
0,06
|
Natrium
|
2,63
|
Barium
|
0,04
|
Kalium
|
2,40
|
Nitrogen
|
0,03
|
Magnesium
|
1,93
|
Fluorin
|
0,03
|
Hidrogen
|
0,87
|
Strontium
|
0,02
|
Titanium
|
0,58
|
Unsur lain
|
0,47
|
Kemudian komposisi unsur-unsur
penyusun udara adalah sebagai berikut.
Komponen
|
Konsentrasi (%)
|
Nitrogen
|
78,09
|
Oksigen
|
20,94
|
Argon
|
0,934
|
Karbon dioksida
|
0,0315
|
Neon
|
0,0018
|
Helium
|
0,00052
|
Metana
|
0,00010-0,00012
|
Kripton
|
0,0001
|
Karbon monoksida
|
0,00001
|
Nitrogen oksida
|
0,00005
|
Hidrogen
|
0,00005
|
Xenon
|
0,000008
|
Nitrogen dioksida
|
0,000002
|
Ozon
|
0,000001-0,000004
|
Kandungan mineral utama dalam
air laut antara lain :
Komponen
|
Konsentrasi (g/kg air laut)
|
Klorida
|
18,980
|
Natrium
|
10,556
|
Sulfat
|
2,649
|
Magnesium
|
1,272
|
Kalsium
|
0,400
|
Kalium
|
0,380
|
Bikarbonat
|
0,140
|
Bromida
|
0,065
|
Asam borat
|
0,026
|
Strontium
|
0,013
|
Fluorida
|
0,001
|
Berbagai mineral dan
terdapatnya di Indonesia
No.
|
Unsur
|
Mineral
|
Terdapat di
|
1
|
Tembaga
|
Kalkopirit, CuFeS2
Kalkosit, Cu2S
|
Papua
|
2
|
Besi
|
Hematit, Fe2O3
Magnetit, Fe3O4
Pirit, FeS2
Siderit, FeCO3
|
Cilacap
|
3
|
Nikel
|
NiS
|
Soroako, Sulawesi Selatan
|
4
|
Emas
|
Unsur
|
Di berbagai tempat di seluruh Indonesia
|
5
|
Aluminium
|
Bauksit, Al2O2.nH2O
Kriolit, Na3AlF6
|
Pulau Bintan
|
6
|
Timah
|
Kasiterit, SnO2
|
Pulau Bangka
|
E. Metode Pembelajaran
1. Diskusi Kelompok
2. Kooperatif Jigsaw
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Bahan
Tayang
2. Alat
Whiteboard,
Boardmarker, LCD, dan Laptop
3. Sumber Pembelajaran
·
Michael Purba,
Kimia Kelas X SMA /MA , Erlangga ,Jakarta
·
Supplement books:
-
Cerdas Belajar Kimia, Nana
Sutresna, Grafindo Media Pratama, 2008
-
buku
pegangan Kimia jilid 1, Buku Kimia
Penunjang Aktifitas Siswa, dan hands out
-
Lembar kerja siswa
·
Internet
-
http://psb-psma.org
G. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Siswa
|
Kegiatan
Guru
|
Waktu
|
A. Pendahuluan
1) Siswa menjawab salam dan pertanyaan dari guru yang berhubungan dengan kondisi absensi
2) Salah satu siswa memimpin berdoa sebelum memulai
pelajaran
3)
Siswa menerima
informasi terkait kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
1) Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan memeriksa
kehadiran siswa
2)
Sebagai apersepsi
untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, guru menunjuk benda-benda yang ada di dalam kelas seperti meja,
jendela, kaca, pensil, tralis besi, dan sebagainya lalu menanyakan
asal dan kegunaannya kepada siswa. Guru mengajak peserta didik untuk mulai
berpikir tentang kegunaan unsur-unsur kimia dan proses pembuatannya.
3)
Guru menjelaskan
kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan
|
10’
|
B. Kegiatan
Inti Guru
1. Mengamati
(Observing)
Siswa diminta untuk
mengkaji literatur tentang kelimpahan unsur di alam
2. Mempertanyakan
(Questioning)
Siswa mengajukan
pertanyaan terkait dengan air laut. Air laut yang terasa asin, apa saja yang
ada di dalam air laut itu? Apa hanya ada komponen pembentuk garam atau ada
yang lainnya?
3. Mengeksplorasi/mengumpulkan
informasi/eksperimen :
o Siswa diminta untuk membentuk 4 kelompok kecil dalam
kelas. Masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang
o Siswa mendiskusikan materi yang telah dibagi oleh
guru. Materi yang didiskusikan antara lain komposisi kelimpahan unsur di
alam, komposisi udara bersih dan kering, kandungan mineral utama dalam air
laut, dan berbagai mineral dan terdapatnya di Indonesia
o Siswa mendiskusikan materi yang mereka dapatkan dan
mencatat hasil diskusi
4. Mengasosiasi
(Associating)
o Siswa menganalisis hasil diskusi kelompok bersama teman satu
kelompoknya
o Siswa membuat simpulan dari hasil diskusi yang telah
dilaksanakan
o Siswa menyimpulkan bahwa kebanyakan unsur terdapat di alam berupa senyawa.
Tiga unsur yang paling melimpah di bumi yaitu oksigen, silicon, dan
aluminium. Mineral adalah bahan alam yang mengandung unsur atau senyawa
tertentu. Beberapa contoh mineral yang penting adalah bauksit, kriolit,
hematit, kalkopirit, pentlandit, dan kromit
5. Mengkomunikasikan
Siswa menyajikan
hasil diskusi dalam bentuk tabel dan
mempresentasikannya di depan kelas
|
Guru
membimbing siswa mengkaji literatur
Guru memotifasi
siswa dalam mengajukan pertanyaan .
Guru
membimbing siswa dalam pembentukan kelompok
kecil
Guru
membimbing siswa dalam melakukan percobaan.
Guru
membimbing siswa dalam diskusi kelompok
kecil
Guru
membimbing siswa dalam menyimpulkan
hasil diskusi kelompok
Guru
membimbing siswa dalam mempresentasikan hasil
diskusi kelompok
|
65’
|
C. Penutup
· Guru
bersama siswa membuat kesimpulan tentang
kelimpahan unsur di alam
· Siswa mencatat soal yang diberikan oleh guru terkait
materi kelimpahan unsur di alam
· Guru
memberikan tugas baca bagi siswa untuk materi berikutnya
· Salah satu siswa memimpin berdoa untuk mengakhiri
pelajaran
· Siswa menjawab salam penutup dari guru
|
· Guru
bersama siswa membuat kesimpulan tentang
kelimpahan unsur di alam
· Guru meminta siswa mencatat
soal penugasan mengenai kelimpahan
unsur di alam
· Guru
memberikan tugas baca bagi siswa untuk materi berikutnya
· Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
|
15’
|
H.
Penilaian
No
|
Aspek
|
Mekanisme dan Prosedur
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
Sikap
|
-
Observasi Diskusi Kelompok
|
-
Lembar Observasi
-
Angket
|
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Penugasan
-
Tes Tertulis
|
-
Soal Penugasan
-
Soal Objektif
|
|
3.
|
Ketrampilan
|
-
Kinerja Presentasi Hasil Diskusi Kelompok
|
-
Kinerja Presentasi
-
Rubrik Penilaian
|
Semarang, 28 Mei 2014
Kepala SMA Negeri 1 Gombong Guru
Mata Pelajaran KIMIA
............................ Unggul Robik Birrian W
NIP.
........................ NIM 4301412112
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XII/Satu
Tahun Ajaran :
2014/2015
Waktu Pengamatan : .....
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
1.
BT
(belum tampak) jika sama sekali tidak
menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas
2.
MT
(mulai tampak) jika menunjukkan sudah
ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.
MB
(mulai berkembang) jika menunjukkan
ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.
MK
(membudaya) jika menunjukkan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggug jawab
|
Peduli
|
Responsif
|
Santun
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||||||
...
|
Keterangan
1
BT = kurang
2
MT = sedang
3
MB = baik
4
MK = sangat baik
Lampiran
2 Lembar
Observasi dan kinerja presentasi mengenai sikap ilmiah saat diskusi dan
presentasi
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Program :
XII/M-IPA
Kompetensi : Kelimpahan Unsur di Alam
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
|
Kinerja Presentasi
|
Jml
Skor
|
||||||||
jujur
|
disiplin
|
tgjwb
|
peduli
|
Krjsm
|
jml
|
Prnsrt
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
||||
1.
|
Nur Oniati
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
24
|
4
|
3
|
3
|
10
|
|
2.
|
||||||||||||
3.
|
||||||||||||
4.
|
||||||||||||
5.
|
||||||||||||
6.
|
||||||||||||
7.
|
||||||||||||
8.
|
||||||||||||
9.
|
||||||||||||
10.
|
||||||||||||
11.
|
||||||||||||
12.
|
||||||||||||
13.
|
||||||||||||
14.
|
||||||||||||
15.
|
||||||||||||
16.
|
||||||||||||
17.
|
||||||||||||
18.
|
||||||||||||
19.
|
||||||||||||
20.
|
||||||||||||
21.
|
Keterangan pengisian skor
4. Sangat
tinggi
3. Tinggi
2. Cukup
tinggi
1. Kurang
Presentasi
Kelompok
Aspek:
1. Penguasaan Isi
2. Teknik Bertanya/ Menjawab
3. Metode Penyajian
INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.
Jujur
a. Menyampaikan
sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b. Tidak
menutupi kesalahan yang terjadi
2.
Disiplin
a.
Selalu hadir di kelas tepat
waktu
b.
Mengerjakan LKS sesuai
petunjuk dan tepat waktu
c.
Mentaati aturan main dalam
kerja mandiri dan kelompok
3.
Tanggung jawab
a.
Berusaha menyelesaikan tugas
dengan sungguh-sungguh
b.
Bertanya kepada teman/guru
bila menjumpai masalah
c.
Menyelesaikan permasalahan
yang menjadi tanggung jawabnya
d.
Partisipasi dalam kelompok
4.
Peduli
a.
Menjaga kebersihan kelas,
membantu teman yang membutuhkan
b.
Menunjukkan rasa empati dan
simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
c.
Mampu memberikan ide/gagasan
terhadap suatu masalah yang ada di
sekitarnya
d.
Memberikan bantuan sesuai
dengan kemampuannya
5.
Kerja sama
a.
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
b.
Menunjukkan sikap bersahabat
c.
Berusaha menemukan solusi
permasalahan secara bersama dlm kelompoknya
d.
Menghargai pendapat lain
PEDOMAN
PENILAIAN:
a.
Penilaian dilakukan dengan
cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam
waktu tertentu.
b.
Hasil yang dicapai
selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
Lampiran 3 Angket
Bubuhilah tanda V pada kolom yang sesuai
No
|
Aspek yang dinilai
|
Tanggapan
|
||
Sangat Suka (SS)
|
Suka (S)
|
Tidak Suka (TS)
|
||
1
|
Cara penyampaian
materi di kelas
|
|||
2
|
Pembelajaran dengan
dibentuk kelompok diskusi kemudian siswa menyimpulkan hasil diskusi
|
|||
3
|
Materi pelajaran yang membahas kelimpahan unsur di
alam
|
|||
4
|
Sebelum memasuki materi siswa diputarkan video terkait
materi yang dibahas
|
Lampiran 4 Penugasan
·
Siswa membuat rangkuman
dari materi kelimpahan unsur di alam dan mencari manfaat dari beberapa unsur
yang disebutkan oleh guru
·
Siswa membuat mind map dari materi kelimpahan unsur
yang telah dipelajari
Lampiran 5 Tes Tertulis
11.
Unsur nonlogam berikut
yang terdapat dalam keadaan bebas di alam adalah …
a.
Argon, oksigen,
nitrogen, dan belerang
b.
Nitrogen, klorin,
oksigen, dan belerang
c.
Karbon, oksigen,
nitrogen, dan fluorin
d.
Argon, karbon, klorin,
dan belerang
e.
Nitrogen, oksigen,
silikon, dan fosforus
22.
Unsur logam yang paling
melimpah di kulit bumi adalah …
a.
Aluminium
b.
Besi
c.
Natrium
d.
Magnesium
e.
Kalium
33.
Mineral yang paling
melimpah di kulit bumi adalah berupa …
a.
Oksigen
b.
Sulfida
c.
Klorida
d.
Sulfat
e.
Karbonat
44.
Mineral berikut ini
yang mengandung aluminium adalah ….
a.
Bauksit dan hematit
b.
Bauksit dan dolomit
c.
Bauksit dan kriolit
d.
Hematit dan dolomit
e.
Kriolit dan kromit
55.
Kebanyakan unsur di
alam terdapat dalam bentuk ..
a.
Senyawa
b.
Unsur
c.
Molekul
d.
Mineral
e.
Batuan
66.
Tiga unsur yang paling
melimpah di kulit bumi yaitu ..
a.
Aluminium, nitrogen,
dan besi
b.
Oksigen, silikon, dan
aluminium
c.
Nitrogen, titanium, dan
boron
d.
Boron, silikom, dan
oksigen
e.
Aluminium, boron, dan
nitrogen
77. Bahan alam yang
mengandung unsur atau senyawa tertentu disebut ..
a.
Molekul
b.
Senyawa
c.
Mineral
d.
Bijih
e.
Batuan
88. Salah satu kandungan
mineral utama dari air laut adalah klorida. Konsentrasi (g/kg air laut) dari
klorida adalah …
a.
18,980
b.
10,556
c.
0,400
d.
2,649
e.
1,272
99. Salah satu mineral yang
terdapat di Indonesia adalah kasiterit. Jenis mineral tersebut dapat kita
temukan di …
a.
Pulau Bangka
b.
Pulau Belitung
c.
Pulau Bintan
d.
Sulawesi Selatan
e.
Papua
110. Hematit adalah salah satu jenis mineral yang sering
ditemui di alam. Mineral ini berasal dari unsur ..
a.
Tembaga
b.
Besi
c.
Nikel
d.
Emas
e.
Aluminium
0 komentar:
Posting Komentar